-->

apalah arti leadership tanpa jiwa followership



         ketika anda ingin menjadi leader, maka anda harus menjadi follower terlebih dahulu, seorang pemimpin harus mempunyai jiwa anak buah atau bawahan. jangan memaksa mereka menjadi apa yang kamu pikirkan, tapi buatlah mereka menjadi seperti yang mereka pikirkan!!!
      Saya terinspirasi dari film kungfu panda 3 yang dimana dibagian terakhirnya terdapat kata-kata yang cukup membuat saya sadar akan kekurangan saya selama ini. Saya baru sadar kalau selama ini terkadang saya sebagai seorang pemimpin memaksakan diri agar anggota saya melakukan seperti apa yang saya pikirkan. Setelah membaca beberapa buku tentang kepemimpinan dalam islam, saya akhirnya mencoba untuk merenungi kekurangan saya selama ini.
        Ternyata pemimpin dan ketua itu adalah 2 hal yang sangat berbeda, tidak selamanya pemimpin itu harus menduduki jabatan menjadi ketua, begitu pula sebaliknya tidak selamanya ketua bisa menjadi pemimpin. Hidup menjadi seorang pemimpin itu ibarat telur di ujung tanduk, setiap langkah kita pasti akan menjadi bahan pembicaraan dilingkungan sekitar. Hal yang paling sering terjadi yaitu terkadang kita dianggap pilih kasih ( pilih-pilih teman ), padahal kita sudah berusaha untuk menjadi profesional.
        Untuk menjadi seorang pemimpin, kita harus mempunyai jiwa seorang bawahan ( anak buah ) kata dosen saya. Pemimpin yang pernah menjadi bawahan pasti akan sukses karena dia pernah merasakan semua apa yang dirasakan ketika menjadi bawahan. Akhirnya setiap keputusan pasti akan diterima oleh setiap anggota. Saya juga teringat dengan kata-kata dari film prince of persia “ pemimpin yang bijak adalah dia yang selalu mendengar kata-kata orang terdekatnya, tapi akan selalu mengikuti kata hatinya”. Seorang pemimpin adalah mereka yang menjadi solusi bagi setiap masalah, bukan menjadi bagian dari masalah itu.
Sekian, terima kasih!!!, mohon maaf kalau terdapat kekurangan

0 Response to "apalah arti leadership tanpa jiwa followership"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel