-->

Yang berbahaya itu salah menyikapi Masalah

Terkadang disaat ada masalah yang kita hadapi, hati dan pikiran kita kacau. Mungkin ini disebabkan kurangnya wawasan serta pengetahuan kita dalam mengatasi masalah. Ketika kita hanya mengandalkan ego kita masing-masing, maka sering kali kita mendapatkan jalan buntu atas suatu masalah.

Menurut saya pada dasarnya tidak ada masalah yang berbahaya, yang berbahaya itu adalah salah menyikapi masalah. Untuk menyelesaikan hal tersebut, tanyakan pada diri kita masing “ saya ini bagian dari solusi atau bagian dari masalah? “. Nah lahirlah kata bijak yang mengatakan jika anda bukan bagian dari penyelesaian masalah, maka andalah masalah itu.

ada satu hal yang mungkin menjadi kendala didalam diri kita masing-masing, yaitu masih banyak diantara kita tidak mau terlihat salah dimata orang lain atau tidak mau mengakui masalah. Bagi saya mengakui kesalahan itu adalah jiwa seorang patriot yang berani mengakui kesalahan dan tidak lari dari kenyataan.

Untuk penyelesaian suatu masalah tentunya kita harus memandang semua sisi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Ketenangan juga merupakan factor pendukung dalam penyelesaian masalah. Biasanya karena emosi kita terganggu terkadang kita ceroboh dalam bertindak. 

Disini saya akan memncoba berbagi pengalaman dalam menyelesaikan masalah :
  1. Kenali masalah terlebih dahulu
  2. Dengarkan semua pihak
  3. Harus professional ( tidak pilih kasih )
  4. Memikirkan segala kemungkinan
  5. Pikiran harus dingin
  6. Jaga emosi
  7. Hindari kata-kata yang memancing emosi
  8. Akui kesalahan apabila memang bersalah
  9. Bijak memutuskan suatu perkara
  10. Berani mengatasi dan tidak lari dari kenyataan
Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Yang berbahaya itu salah menyikapi Masalah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel