-->

Makalah Peranan Ilmu IPTEK Dalam Kehidupan Manusia

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran sehingga makalah yang berjudul “PERANAN ILMU IPTEK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA”.
Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna.Oleh karna itu,Saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk peyempurnaan makalah ini.


     












      Penulis
Reski Sanjaya
Nurul Rabiah




DAFTAR ISI
Kata pengantar..................................................................................................................................................................... i
Daftar isi................................................................................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang.............................................................................................................................................................. 1
1.2 Rumusan masalah...................................................................................................................................................... 1
1.3 Tujuan penulis.............................................................................................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Dampak Terhadap Kebutuhan Pokok Manusia...................................................................................... 2
2.2 Dampak Terhadap Sumber Daya Manusia................................................................................................ 3
2.3 Dampak Terhadap Pendayagunaan Sumber Daya Alam.................................................................. 4
2.4 Dampak Terhadap Komunikasi dan Transportasi............................................................................... 5
2.5 Dampak Terhadap Peningkatan Kesehatan..........................................................................................6
2.6 Dampak Terhadap Pencapaian Kemakmuran......................................................................................7
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan...........................................................................................................................................................9
3.2 Daftar Pustaka.....................................................................................................................................................9











BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Dalam era yang serba teknologi saat ini,kemajuan bidang pendidikan sangatlah bertambah dari waktu ke waktu.kemajuan yang di capai oleh umat manusia,baik itu bidang sosial,bidang imformasi maupun bidang pendidikan.Salah satunya membuat makalah yang baik dan benar,yaitu merupakan system imformasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan karya ilmiah.
Seperti yang kita ketahui, teknologi kini telah merembes dalam kehidupan manusia, bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun. Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia.
Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dimana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab, agar semua masyarakat mengenyam IPTEK secara merata. Begitu juga diharapkan SDM nya bisa lebih baik lagi, apalagi banyak kemudahan yang kita dapatkan. Namun, berbanding terbalik dengan realita yang ada karena semakin canggih perkembangan teknologi, telah membuat masyarakat menjadi malas yang disebabkan oleh kemudahan-kemudahan yang ada tersebut.
Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi merupakan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu, iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.

   1.2 RUMUSAN MASALAH

1. Dampak terhadap kebutuhan pokok manusia
2. Dampak terhadap sumber daya manusia
3. Dampak terhadap pendayagunaan sumber daya alam
4. Dampak terhadap komunikasi dan transportasi
5. Dampak terhadap peningkatan kesehatan
6. Dampak terhadap pencapaiaan kemakmuran

1.3  TUJUAN PENULIS

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu agar dapat mengetahui berbagai dampak terhadap kebutuhan pokok manusia, sumber daya manusia, pendayagunaan sumber daya alam, komunikasi dan transportasi, peningkatan kesehatan, dan pencapaian kemakmuran.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1    DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA

A.   Pangan (Makanan)
Dampak yang di timbulkan oleh kemajuan IPTEK ada yang positif dan ada juga yang negatif. Dampak yang positif antara lain:
1.      Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat di produksi wberlipat ganda.
2.      digunakan mekanikasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar bila di bandingkan dengan tenaga Manusia.
3.      Diterapkanya cara pemupukan yang tepat serta digunakannya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman dengan mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga hasil bertambah banyak.
4.      Digunakan bioteknologi (misalnya hormone tumbuhan), untuk merangsang tumbuh daun ,bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih baik.

Dampak negatifnya, antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen, dan bahkan meracuni Manusia sendiri. Setiap penggunaan teknologi maju disertai adanya dampak negative. Oleh karena itu, kesadaran dan tanggung jawab kita di tuntut lebih tinggi agar efek negatifnya dari kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat di tekan sekecil mungkin.

B.   Sandang (Pakaian)
Dampak dari IPA dan teknologi pada sansang ada yang positif ada pula yang negatif. Dampak positif antara lain:

a)     Menolong Manusia dalam pengadaan sandang dengan adanya mesin tekstil sehingga mempercepat proses pembuatan pakain.
b)     Telah ditemukanya Serat sintesis, baik yang m,embuat dari pokok-pokok kayu yang dip roses secara kimiawi menjadi benang (rayon) maupun dari bahan galian seperti hasi sulingan batu bara dan minyak bumi yang dapat diproses menjadi serat- searat sintesis, seperti polyester, polipropelin, polietilin, dan lain- lain.

Dampak negative, antar lain:

a)     Bahan –bahan yang berupa polimer sintesis yang dalam sehari- hari dinamakan platik, kalu menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri- bakteri pembusuk.
b)     Sampah plastik kalau di bakar akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon.Namun, jika tidak dibakar, dapat mencemarkan tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.

C.    Papan (Tempat tinggal)
Dampak positifnya, antara lain:
Dengan menerapkan teknologi maju, Manusia mampu membangun rumah dan gedung- gedung pencakar langit. Orang tidak lagi menggunakan tangga, tetapi cukup dengan menekan tombol  dan dalam beberapa detik saja orang sudah sampai di lantai yang dituju.

Dampak negatifnya, antara lain:
a)     Dengan peralatan moderen, orang dengan sangat mudah membabat hutan untuk pembangunan rumah, gedung, dan sebagainy atau untuk perabotan yang lain. Akibatny hutan menjadi gundul dan jika hujan terrjadi banjir, erosi, pendangkalan sungai, kematian sumber air, hilanya kesuburan tanah yang akhirnya menyengsarakan Manusia sendiri.
b)     Dengan diterapkan teknologi moderen, tenaga Manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak tejadi pengguran.Sebagai akibat dari pengangguran ini timbul kejahatan dimana- mana.


2.2    DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA

A.    Dampak Positif :
1.      Perkembangan IPTEK dapat mendorong Manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara lebih efektif dan efesien.Manusia dapat mengubah system transportasi dan komunikasi sehingga memudahkan semua kegiatan.
2.      Perkembangan IPTEK dapat menaikkan kualitas SDM (keterampilan dan kecerdasan Manusia), karena membuka kemungkinan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah. Selain itu, juga terbuka kemungkinan meningkatkan kemakmuran dan intelegensi Manusia.

B.   Dampak negative :
1.      Semakin meningkatnya pengangguran karena pekerjaan yang semula di kerjakan Manusia, setelah di temukannya alat teknologi modern diganti oleh mesin.
2.      Timbulnya pencemaran yang di sebabakan zat-zat radioaktif yang sangat beracun, baik pada tanah, air, udara. Hal ini jelas mengancam kelangsunga hidup Manusia.

2.3    DAMPAK TERHADAP PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA ALAM
Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menaikkan kantitas suatu produk:
A.      Dalam Bidang Pertanian
Keberhasilan bidang pertanian sangat tergantung pada keadaan lahan pertanian, seperti keunggulan bibit, pupuk, air, cara pengolahan tanah, cara peraatan tanah dan tanaman, serta cara pemasaran hasil pertanian.
Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, manusia mampu menentukan jenis tanah, unsur-unsur yang diperlukan tanaman sehingga dapat memberikan pupuk yang paling tepat. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, bibit unggul dapat diketahui dengan menggunakan sinar radio aktif. Demikian juga dengan bembuatan obat pemberantasan hama tanaman.
Dengan teknologi modern, orang dapat mengetahui syarat tumbuhnya suatu tanaman. Bagi Negara yang lahan pertaniannya sangat terbatas, mereka menibgkatkan kuantitas produksi papan dengan mengembangkan tanaman yang bergantung di atas air yang mengalir yang dilengkapi unsur-unsur yang dibutuhkan timbuhan.
B.      Dalam Bidang Industri
Kita ambil contoh industri pengolahan minyak kelapa sawit. Pengguanaan teknologi yang maju untuk pengolahan minyak kelapa sawit, temperatur dan tekanannya dapat meningkatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara tradisional.
Dengan pengaturan temperature yang tepat, tidak banyak minyak yang terbuang (menguap) dan jumlah minyak yang tertinggal pada ampas pun semakin berkurang.

2.4 DAMPAK TERHADAP KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI

A.   Komunikasi
Dampak positif adalah:

1. Dengan teknologi modern,Manusia dapat menciptakan telegram (pertengahan  abad ke-20)yang dapat di pakai untuk menyampaikan pesan ribuan kilometer dalam waktu beberapa menit saja.
2.  Dengan teknologi modern,Manusia dapat menciptakan telepon(di ciptakan oleh Bell tahun 1876)sehingga orang dapat berkomunikasi langsung.
3.  Di temukannya pesawat radio(oleh Marcooni 1896),untuk mengirim dan menerima berita tanpa melalui kawat penghubung seperti pada telepon dan telegram.
4.  Ditemukannya televise yang dapat mengirim suara dan gambar hidup kepada para pemirsa dalam jarak ratusan kilometer dari objek yang disaksikan.
5.  Ditemukannya alat komunikasi terbaru, yaitu satelit yang di kombinasikan dengan radio dan televisi.Dengan alat ini,orang dapat melihat wajah lawan bicara walaupun keduanya berada di belahan bumi berbeda.

Dampak negatifnya adalah:
Jika kemajuan IPTEK dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,timbul kehancuran di muka bumi ini misalnya dengan satelit orang dapat mengetahui pabrik senjata,ada reactor atom di dalam perut bumi,cadangan minyak,uranium,dan sebagainya.Niat jahat untuk menguasai semua itu dan timbul,sehingga terjadi rebutan yang pada akhirnya menimbulkan perselisihan

B.   Transportasi
Dampak positifnya adalah:
Dengan di terapkannya IPTEK modern,orang dapat membuat sarana transportasi,misalnya sepeda motor,mobil,bus,kereta api,dll.Sarana tranportasi tersebut sangat efektif dan efisien dari pada memakai alat tranpirtasi zaman dulu,misalnya kuda,naik kereta kuda,atau kapal layar.

Dampak negatifnya adalah:
a.       Timbulnya pencemaran suara(kebisingan)dan pencemaran udara.Hal tersebut dapat di akibatkan dari kontruksi alatnya maupun ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam menggunakannya.
b.      Berkurangnya lahan-lahan pertanian yang produktif karena di pakai untuk menampung kebutuhan akan jasa transportasi seperti terminal,landasan kapal terbang dan atau parker kendaraan.

 2.5 DAMPAK TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN

A.   Dampak positif dalam upaya Manusia memberantas penyakit menular Perkembangan IPTEK dapat memberantas penyakit menular.
Ini bukanberarti bahwa penyakit yang tidak menular tidak perlu di berantas,tetapi untuk penyakit menular diperlukan pemikiran khusus karena besar kemungkinan akan banyaknya jatuh korban dalam waktu yang relative singkat. Menurut hasil penelitian, penyakit menular dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus.
Perkembangan IPTEK menyebabkan keberhasilan ilmu kedokteran dalam mengikuti tinkah laku dinamika gelombang epidemic, sehingga mampu mengadakan usaha pencegahan dan pemberantasan penyakit menular.

Usaha pencegahan suatu penyakit antara lain:
ü  Mengusahakan pengolahan air untuk mendapatka air bersih bagi masyarakat.
ü  Menjaga kebersihan lingkungan mislnya, mencegah adanya gengan air di    lingkungan permikiman .
ü  Mengadakan imunisasi terhadap penyakit menular.
ü  Melalui media hasil teknologi maju, diberikan penyebab, kibat dan cara pmencegah penyakit menular untuk memprtinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan mengenai penyakit menular dan dapat terhindar dari penyakit tersebut.

B.   Dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu
Kemajuan IPTEK tidak terlepas dari dampak negative, antara lain timbulnya  berbagai penyakit. Penyakit yang dianggap berasal dari IPTEK antara lain penyakit kanker. SAmpai saat ini belum ada obat yang dapat memberantas penyakit ini , melainkan upaya untuk mencegah meluasnya bagian yang terserang atau memperpanjang usia penderita.Penyebabnya, antara lain adanya pencemaran udara. Pencemaran udara  biasanya terjadi dikota- kota besar yang padat dengan kendaraan bermotor, pabrik- pabrik dan berbagai industri, yang mengeluarkan gas sebagai polutan yang dapat menimbulkan kanker. Di tambah lagi banyak digunakannya zat- zat kimia yang juga dapat menyebabkan penyakit kanker disebut karsinogem, seperti zat kimia untuk bahan baju, penggunaan senyawa arsen pada  pestisida dan lain- lain.
Pada awalnya pembedahan sangat menyiksa pasien karena tidak diketahuinya obat penghilang rasa sakit.Dengan ditemukannya zat-zat yang bersifat anestetika (penghilang rasa sakit ),hal itu tidak menyiksa pasien lagi.Dalam melakukan operasi,dokter tinggal memilih anestetika yang tepat,misalnya untuk menggunakan anestetika local(menghilangkan rasa sakit tanpa menghilangkan kesadaran).Berjenis-jenis operasi,baik ringan maupun berat dapat dilakukan oleh para dokter.Mulai dari mmbuang organ yang merugikan Manusia seperti operasi amandel,tumor,usus buntu,dan lain-lain. 

    
2.6  DAMPAK TERHADAP PENCAPAIAN KEMAKMURAN

A.      Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan Manusia

1.      Perkembangan IPTEK mendatangkan kemakmuran materi
a.       Adanya perkembangan iptek melahirkan cabang ilmu pengetahuan baru antara lain:
b.      Teknik modern yang terdiri atas teknik penerbangan,teknik kimia,teknik sipil,teknik nuklir,teknik listrik dan mekanik.
c.       Teknologi hutan.
d.      Teknologi gudang.
e.       Metalurgi
f.        Teknologi transportasi dan lain-lain.
2.      Perkembangan IPTEK dapat mendatangkan kemudahan hidup
Dengan teknik modern telah dapat dibuat berbagai alat yang dapat meringankan pekerjaan seseorang.Misalnya,dengan adanya kalkulator,kita mendapatkan kemudahan untuk menghitung.Dengan adanya mesin cuci,kompor gas,listrik,kulkas,dan alat elektronika rumah tangga yang lain dapat mempermudah ibu rumah tangga dalam menyelesaikan pekerjaannya.




B.        Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri
Negara yang menguasai perkembangan iptek,lebih mudah memperoleh kemakmuran materi dibandingkan Negara yang kurang mempunyai kemampuan dalam bidang tersebut.Akibatnya,timbul Negara miskin dan Negara kaya.
Penerapan teknik nuklir yang dikembangkan oleh Negara dikuasa untuk membuat senjata muktahir telah menimbulkan kegelisahan umat Manusia karena dapat mengancam perdamaian dunia jika diantaranya Negara-negara dikuasai tidak mampu mengendalikan dirinya.






























BAB III
PENUTUP


3.1 KESIMPULAN

IPTEK sangatlah berperan dalam kehidupan Manusia karena dengan adanya iptek segala bentuk aktifitas/kegiatan Manusia menjadi lebih mudah.Semakin tnggi teknologi yang ditemukan maka semakin tinggi pula dampak negative yang ditimbulkan.Namun untuk mengurangi dampak negative tersebut perlu adanya kesadaran dan tanggung jawab tinggi dari kita sendiri agar efek negative dari kemajuan iptek dapat ditekan sekecil mungkin. Dengan memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi dan misi IPTEK dirumuskan sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber daya IPTEK yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.

 3.2 DAFTAR PUSTAKA

Ø  Mawardi, dkk. 2007. IAD-ISB-IBD.Bandung: Pustaka Setia.
Ø  Supartono. 1999. Ilmu Alamiah Dasar. Edisi Revisi. Ghalia Indonesia: Jakarta.
Ø  Maskoeri. 2002. Ilmu Alamiah Dasar. Edisi Revisi. PT. Raja Grapindo Persada: Jakarta.
Ø  Abu Ahmadi dan Supatmo. 1991. Ilmu Alamiah Dasar. Rineka Cipta: Jakarta.
Ø  Alwisol. 2010. Psikologi Kepribadian. Umm Press: Malang.
Ø  Wikipedia, “Ilmu Alam”, dalam ,http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_alam diakses pada 8 Desember 2011.

Ø  Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Indeks: Jakarta.

0 Response to "Makalah Peranan Ilmu IPTEK Dalam Kehidupan Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel