-->

Pentingnya budaya saling memaafkan


Dalam kehidupan masyarakat yang hakekatnya manusia sebagai makhluk sosial saling membutuhkan satu sama lain tentu kadang ada masalah-masalah yang timbul. Salah satunya berselisih paham dengan sesama. Nah masalah besarnya yaitu masih banyak diantara kita yang tidak mau mengakui kesalahan dan enggan untuk saling maaf memaafkan.
Memaafkan bagi sebagian orang adalah hal yang sangat berat bahkan menurutnya akan menjatuhkan derajatnya. Sebenarnya budaya memaafkan ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah Muhammad SAW pada zamannya. Pada saat itu Rasulullah Muhammad SAW menjamin salah seorang sahabat yang akan menjadi ahli surga nantinya. Sahabat yang diceritakan Rasulullah Muhammad SAW adalah sosok yang sederhana saja bahkan kesehariannya pun normal seperti manusia pada umumnya. Ternyata kelebihan sahabat ini dalam riwayat yaitu, sahabat tersebut tidak bisa tertidur matanya sebelum berdoa kepada Allah SWT agar memaafkan dosa terhadap orang-orang yang berbuat dosa padanya. Bayangkan pentingnya untuk saling memaafkan.
Nah saya juga pernah mendengar Ada pappaseng ( pesan orang bugis ) yang mengatakan agar kita bisa hidup menjadi pribadi yang mulia kepada sesama, ada prinsip 2X2 yaitu prinsip dua dilupa dan dua diingat. Apa 2 hal yang harus dilupa dan 2 hal yang harus diingat?, pertama yang harus dilupa yaitu kebaikan kita kepada orang lain, kedua lupakan kesalahan orang lain kepada kita. Selanjutnya hal pertama yang harus diingat yaitu ingat kesalahan kita kepada orang lain, kedua ingat kebaikan orang lain kepada kita. Saya rasa apabila prinsip ini diterapkan dalam keseharian, maka pola kehidupan yang tentram dan damai akan nampak. Apa sih susahnya untuk memaafkan?

Sekian, semoga bermanfaat!

0 Response to "Pentingnya budaya saling memaafkan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel