-->

Pengaruh Organisasi Sebagai Daya Tarik


Berbicara mengenai membuat daya tarik agar lebih menarik perhatian banyak kalangan tentunya tidak lepas dari Prestasi atas Suatu Lembaga, apapun itu misalnya kita mengambil contoh kecil yaitu sekolah. Berbicara tentang prestasi tidak akan pernah lepas dari Organisasi yang ada didalamnya, terlepas dari prestasi yang dimiliki oleh setiap individu.

Peran organisasi disetiap sekolah sangatlah penting, karena dengan adanya Organisasi tersebut secara tidak langsung kita mempromosikan sekolah kita melalui kegiatan yang selama ini dilakukan dibuktikan dengan Dokumentasi atau di publikasikan melalui media sosial.

Pembina disetiap sekolah sudah semestinya mengarahkan siswanya menjadi lebih kreatif dan terus berkarya!. Menurut saya ada 3 Strategi pembinaan yang harus dilakukan kepada siswanya yaitu :

1.  Pembinaan Persuasif
Artinya pembina mengarahkan siswanya untuk berpikir seperti yang mereka pikirkan. Bukan memaksakan siswa untuk berpikir seperti yang di pikirkan oleh pembina. Ajarkan mereka untuk menjadi dirinya sendiri.Berada dalam tekanan akan membuat siswa kita mengalami kesusahan untuk bertindak kreatif!.

2.  Pembinaan Komunikatif
Nah setelah mindset (pola pikir) sudah tertanam dengan baik, maka yang pembinaan yang dilakukan selanjutnya adalah senantiasa berkomunikasi dengan siswa. Dengan adanya pola komunikasi yang baik tentu akan menghasilkan seuatu yang baik pula. Layaknya seorang anak yang bertanya kepada orang tuanya ketika ia keliru, begitu pula orang tua yang selalu memberikan nasehat ketika anak-anaknya melakukan kesalahan.

3.  Pembinaan Apresiatif
Sebagai pembina kita juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan siswa kita selama ini. Terkadang karena usahanya jarang dihargai siswa kita merasa tidak diperhatikan. Berhasil atau tidaknya siswa disuatu organisasi saya rasa perlu kita acungkann jempol karena setidaknya mereka sudah melakukan yang terbaik demi sekolahnya. Marilah terus memberi motivasi.

Terlepas dari 3 hal diatas, saya rasa selaku siswa kita juga perlu sadar diri jangan sampai pembina kita sudah sibuk mengarahkan tetapi yang dilakukan hanya sekedar mendengar tanpa menerapkannya serta merasa lebih pintar dari pembinanya, itu adalah hal yang sangat fatal!.

siswa yang aktif di Organisasi seharusnya selalu memikirkan apa-apa saja yang dilakukan sehingga dapat berkontribusi kepada sekolahnya agar diminati dan diperhatikan bagi mereka calon siswa baru nantinya, yah pastinya tanpa melupakan amanahnya selaku siswa. Memakai atribut sekolah secara otomatis ada tanggung jawab yang melekat pada diri kita untuk menjaga nama baik sekolah!.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kolaborasi antara pembina dan siswa dapat kita jadikan tolak ukur keberhasilan organisasi disetiap sekolah. Sinergitas yang dilakukan tentunya akan membuat kesadaran dan kepedulian satu sama lain untuk menggapai prestasi. “terkadang bukan hasilnya yang penting, tetapi petualangan dan dengan siapa kita berjuang, namun apalah arti berjuang tanpa dimenangkan!!!”.


sekian, terima kasih!

0 Response to "Pengaruh Organisasi Sebagai Daya Tarik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel