-->

Pesan Singkat MABA



Tiga tahun lalu seragam putih abu-abu biasanya bersih kini penuh coretan atau semprotan pilox warna warni. Tangis bahagia,sorak gembira dan sujud syukur dimana-mana. Pengumuman kelulusan itu memberi arti yang sangat berharga dalam hidup. Ini adalah awal dari perjuangan kalian mencari jati diri yang sesungguhnya!. 

Teman-teman telah melewati proses panjang penuh semangat demi menyandang gelar yang dinamakan MAHASISWA. Mungkin telinga kalian akhir-akhir ini sering terdengar bisikan seputar dunia kampus. Cerita sana-sini kian membuat heran sambil bertanya dalam hati, apa nanti terjadi dih kalau kuliah ma?

Kehidupan kampus tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diawal kuliah kalian sangat bersemangat dengan baju baru, pulpen baru, buku baru bahkan semua baru, kan namanya juga Mahasiswa baru (hehehe).Pada hakekatnya dimana ada tujuan disitu ada hambatan. Tapi jangan takut bukankan disetiap masalah ada jalan keluarnya dan disetiap jalan keluar pasti ada masalahnya.

Ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan sebelum mengawali perkuliahan. Mungkin diantaranya adalah apa itu fungsi mahasiswa dan apa yang harus dilakukan saat kuliah.

Mahasiswa adalah mereka yang namanya terdaftar secara akademik di perguruan tinggi. Dalam arti lain Maha berarti tinggi dan siswa adalah pelajar jadi bisa disimpulkan menjadi pelajar yang mencapai tingkat lebih tinggi lagi. Secara garis besar fungsi Mahasiswa ada 3 yaitu sosial of control, agent of change dan iron stock, saya akan menambah 1 lagi yaitu guardians of value. Saya yakin ketika teman-teman memahami dengan baik fungsi tersebut maka setidaknya ada sedikit pencerahan yang bisa membuat pribadi kalian selangkah lebih maju. Untuk fungsi ini mungkin akan dijelaskan lebih lanjut oleh pakarnya pada saat Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswan (PBAK).

Nah selanjutnya apa yang harus dilakukan kira-kira selama menjadi Mahasiswa? Saran ini bisa kalian ikuti bisa juga tidak, itu adalah hak sepenuhnya bagi teman-teman, hanya saja saya cuma sedikit berbagi. Selesai kuliah tepat waktu dengan nilai cummlaude pasti ada di benak kalian. Percaya atau tidak percaya semua itu menjadi spirit awal kalian.

Proses belajar mengajar atau pengembangan prestasi akademik dan non akademik tidaklah seperti zaman kalian SMA sederajat. Yang menentukan lama kalian menyelesaikan perkuliahan adalah diri kalian sendiri, tidak seperti di putih abu-abu dimana ketika setelah kelas 3 maka tinggal menunggu ujian kemudian pelulusan. Jadi modal utama yang sejatinya dijadikan perisai adalah Tujuan untuk kuliah, misalnya untuk apa kuliah, apa sih itu kuliah dan sebagainya.

Nah fenomena sangat miris terjadi saat ini adalah kita cenderung mengejar mati-matian sebuah nilai tanpa mengerti esensi ilmu pengetahuan. Terkadang sifat ego tidak mau dikalah sama teman membuat hubungan persaudaraan berada di jurang perpisahan, cobalah untuk berbagi kepada sesama.

Pertanyaan selanjutnya apakah belajar itu Cuma di dalam kelas saja?, jawabannya ialah TIDAK. Jadi belajar dikelas ibarat suatu formalitas yang menjadikan kalian sah sebagai mahasiswa. Kalian harus mengeksplorasi diri belajar semaksimal mungkin dalam meningkatkan prestasi. Membaca buku di perpustakaan, sharing-sharing dengan teman atau dosen, membuat forum diskusi dan kajian adalah beberapa alternatif pembelajaran sangat efektif.

Melalui tulisan ini saya berharap kepada kalian janganlah menjadi mahasiswa yang setiap hari rutinitasnya hanya kuliah pulang- kuliah pulang saja. Silahkan kembangkan prestasi kalian dengan cara MASUK ORGANISASI!.Disekitar kita terlalu banyak bisikan berkata bahwa organisasi adalah penghalang bagi mahasiswa menyelesaikan perkuliahan, itu SALAH BESAR. Pada dasarnya organisasi akan menjadi penopang kalian menjelalahi hari demi hari dikampus.

Lantas apa kelebihannya kalau masuk organisasi? Disini kalian diajarkan berbagai hal dan itu sama sekali tidak kita dapatkan dalam kelas. Kelebihan tersebut ialah kalian akan belajar tentang kepemimpinan, peduli sosial, kebersamaan dan perjuangan dikemudian hari membentuk karakter sebelum terjun ke masyarakat secara langsung. Namun sebelum masuk organisasi sebaiknya perbaiki tujuan kalian supaya apa yang diharapkan tercapai, ketika hanya eksistensi dan sekedar berkuasa maka saya sarankan silahkan atur ulang niatnya. Saya bisa menjamin bahwa organisasi tidak bakalan membuat hidup kalian sia-sia. Berorganisasi adalah proses mulia!. Ada tiga tipe orang masuk organisasi di zaman sekarang ini, pertama masuk organisasi dengan serius, kedua masuk organisasi karena ada kakak idola dan yang ketiga masuk organisasi karena ada pacar tertundanya (odo’-odo’nya). Silahkan direnungkan sebelum berorganisasi!.

Oh iya nanti akan ada pernyataan seperti ini “tidak penting ji itu nillai”. Nah disini saya meluruskan sedikit perkataan tersebut menurut penafsiran saya sendiri. Ketika kalimat itu terdengar sepintas maka yang ada dipikiran muncul hasrat untuk tidak belajar. Hakikat dari statement tersebut ialah percuma nilai tinggi kalau ilmunya tidak ada dan tidak berkah. Kan memalukan ketika nilainya 90 tapi kenyataan ilmunya tidak sesuai kemampuan. Betapa indahnya jika nilai kalian tinggi serta bisa dipertanggung jawabkan.

Satu lagi yang tidak boleh kalian lupakan adalah senior.Silahkan mintai kritikan dan saran mereka, jangan takut bertanya (nda pemakan orang ji). Bangunlah peradaban kampus kita seyogianya orang timur yang saling menghargai satu sama lain terlebih kepada orang lebih tua dari kita. Jika kalian merasa punya ilmu atau pengalaman tinggi jangan merasa sombong apalagi merendahkan senior kalian, setidaknya hargai proses mereka yang lebih duluan menginjakkan kakinya dikampus. Seniorku seniormu senior kita semua (begitu kira-kira asasnya).

Masih banyak yang mau saya ceritakan kepada kalian, tapi mungkin sampai disini saja dulu sebagai sambutan pribadi saya. Selamat menjadi mahasiswa, selamat datang, selamat berjuang dan semoga sukses. Awali dengan Bismillah!

“proses adalah jalan menuju kesuksesan, dan sukses adalah kata yang pantas bagi mereka yang berproses”

Tawwa mahasiswa mi, hehehe

Sekian, terima kasih


6 Responses to "Pesan Singkat MABA"

Hamrianagril.blogspot.com said...

Hebat banget ka......Sangat menbuat kita semangat masuk organisasi

Kak Ardi said...

Aamiiinn, makasih dek sudah mampir

Kak Ardi said...

Aamiiinn, makasih dek sudah mampir

#Sottakuji said...

Take linenya itu punyaku😑

Kak Ardi said...

Hahah yang mana e

Kak Ardi said...

Hahah yang mana e

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel